Thursday, July 7, 2011

< / 3

Okay sebenarnya postingan kali ini merupakan salah satu 'request' dari Formspring. Berhubung kebetulan beberapa hari yg lalu pas setahun banget dari ehm 'terrible good bye'.

The best thing about this post is definitely about how to see the GOOD in GOOD BYE. Believe me! You should know, how good it is :D

Perpisahan merupakan sesuatu yang kekal, abadi (my best friend, Vierna, told me this). Tepatnya perubahan. Gue pernah bertanya sama dia, "Vier, kenapa sih sesuatu ngga stay begitu aja, gue udah nyaman begitu kenapa harus berubah?", Vierna jawab, "Karena ngga ada yang kekal kecuali perubahan, Pink." Gue pun lantas berpikir, kalo semua akan stay, tetap sama, istilahnya kalo kita udah di comfort zone, mungkin hidup ini bakal jadi boring. Makanya walaupun terkadang sakit, kita harus nerima adanya perubahan semua ngga bisa tetap sama. Ada pertemuan, sudah hal pasti ada perpisahan. People changes. Sejuta alasan di balik perpisahan, gue yakin setiap perpisahan punya bright side. This is why, we should know how to see the GOOD in GOOD BYE :-)

Dimulai dari awal perpisahan itu, I'll give you several steps to pass those difficult times,

1. Perpisahan apalagi yg ngga secara damai akan menimbulkan fraktura hepatica akut (alias patah hati yg parah). Rasanya pengen nangis terus, sedih, bagai teriris sembilu (kalo ini istilah my other best friend, Nadia Sekarsari). Rasa teriris itu bakal muncul kalo kita ngelewatin jalan yg dulu mungkin sering dilewatin bareng, denger lagu2 kenangan, nyium aroma parfume doi, ngeliat barang2 pemberian doi. Rasanya nyes gitu. Duh! Sama kayak tips2 move on di Cosmo Girl ato Seventeen, singkirin dulu tuh semua barang nantinya mau diapain liat ntar deh yg penting ilangin dulu dr pandangan. Minimal sebulan lamanya barang2 itu lo singkirin dulu, istilah gue sih, untuk 'mengeringkan luka'. Setelah lo bener2 siap kali ini benda2, lagu2, jalanan itu HARUS LO HADAPIN. Face it! Lo ngga bisa terus2an menghindar. Kalo usaha lo 'mengeringkan luka' udah berhasil, rasa teriris tersebut bakalan ilang, keganti perasaan datar dan biasa aja. Jadi semua kenangan, bukan big deal lagi buat lo ;)

2. Ini point paling penting menurut gue, STOP KEPO. Kalo gue sih ekstrim, delete BBM, block twitter, block FB. Karena luka hati kita ngga akan kering kalo terus2an liat recent updates ada muka si curut (a.k.a cewe baru nya doi hahaha), liat twitter ada tweet najis penuh cinta (padahal dulu kita sama dia jg begitu, hoam deh haha), atau ngeliat home FB ada notification ex kita is now in a relationship with ______ . Been there, done that. Obati luka sementara dengan stop ingin tahu. Nanti akan ada fase di mana kita sudah siap menjalin hubungan baik kembali dengan hati udah netral. Ngga ada rasa apa2 lg. Pure as a friend.

3. Lakukan semua hal yang bikin lo seneng! Terutama yg dulu sering dilarang2 sama mantan lo yg kaya curut itu hahaha. Aktif di sekolah/kampus. Ikut kepanitiaan, bangun hubungan baik dengan sahabat2 lo yg mungkin sempat lo cuekin karena pacaran mulu. Buat diri lo bahagia! Buat diri lo sibuk! Saat mungkin lo penat dengan akademis, dan kegiatan sekolah/kampus, go have fun with your friends! Spa atau party! Buat diri lo semenarik mungkin, saat putus mungkin lo jadi doyan makan ato malah ga napsu badan. Kembalikan bentuk tubuh lo, dan poles (kayak mobil aja ya haha) diri lo! Re-colour your hair, manicure, pedicure. Buat mantan lo nyesel udah ninggalin cewe sekece elo!! :D

4. Nah ini point terakhir. BUKA MATA & HATI. Mungkin sekitar setengah tahun dari perpisahan lo yang menyakitkan itu point ini bisa dijalankan. Ayo buka mata, liat GOOD dari GOOD BYE........... Bright side nya ada di point ke3, tapi yang terpenting, you deserves someone better. Saat lo pisah lo bisa menilai apa aja yg menyebabkan lo ngga cocok dan terpaksa harus pisah, lebih selektif dalam mencari pasangan, keledai pun ngga mau jatuh di lubang yang sama.

Nah I think that's all. Sebenernya 4 point di atas cuma pendukung. Point utamanya adalah, niat lo sendiri untuk move on dan meninggalkan semua di belakang, saat niat udah ada, ngga akan ada halangan, beda cerita kalo dari elonya sendiri emang ngga mau move on, terus menyiksa diri & berlarut. Come on, kita masih muda, hidup masih panjang! Nikmati hidup. Believe me, you deserve someone better! Move on suatu hal yg sulit, insyaAllah kita yg bisa survive & struggle akan dapet reward, dalam sosok baru yg lebih ganteng, lebih alim & bisa ngajak kita rajin ibadah, dll (ini pengalaman gue sih sebenarnya. :P), yang terpenting lo akan sadar bahwa di luar sana masih ada orang yang mau mencintai lo apa adanya dgn tulus :")

Ah ya! Peringatan keras nih! Hampir aja lupa, padahal penting, soal JANGAN ASAL COMOT. Saat kita putus & mantan kita punya gandengan baru terkadang kita ngga mau kalah & asal jadian cuma bikin mantan kita panas. Believe me, ini sama sekali ngga efektif. Lo malah bakal tambah ribet & nyakitin orang doang. Kasian (sorry kasarnya,) 'pelampiasan' lo. Akan lebih membanggakan kalo lo berusaha move on & survive sendirian, pede lagi ;)

So, good luck :D

3 comments :

  1. Setuju banget pink,tadinya gw kira gabakal bisa ternyata gada yg gak mungkin ,semangat :)

    ReplyDelete