Saturday, November 19, 2016

Mama

"The death of a mother is a first sorrow wept without her."
Gue membaca quote di atas di tanggal 30 Juli 2016, gue inget jelas di mana semua masih terasa samar, dan apa yg gue lakukan masih berkisar googling dgn keyword-keyword seperti di bawah ini,

  • How to deal with parent's death
  • Self healing tips
  • Coping with loss
Sampe yg paling desperate sih, how long the grieving process lasts.


Jawabannya? No one knows.

Beberapa tips dari hasil googling banyak yg masuk akal dan bisa dijalankan. Salah satunya mencoba sibuk. Gue masih inget jelas runutan ceritanya, waktu itu Senin malam, gue masih meeting sampe malam di Graha Mandiri, Adit jemput gue dan di jalan kita sempat brantem on how busy I was lately, dan dia ngasih tau gue, gue harus ke Jogja besok pagi. Dunia serasa mau runtuh, Mama emang sudah sakit sejak 2011, but I never thought that the day finally had to come.

Tanggal 29 Juli 2016, akhirnya Mama kembali ke pangkuan Allah SWT, Sang Pencipta. Gue tau Mama lebih disayang Allah, makanya beliau dipanggil cepat. Saat itu hari Jumat. Dari gue kecil Mama udah sering mention soal kebaikan dari meninggal hari Jumat, rasanya lega, bahwa Mama pergi di hari tsb. Mama kemudian kami terbangkan di Jakarta, untuk dimakamkan di Rawamangun, di TPU yg sama dengan Almarhum Opung Albert Silalahi, ayah dari Mama di hari itu juga. Guess what, hari Selasa gue udah masuk.

Hari-hari awal lah yg terberat (walaupun masih berat sampai hari ini). Gue sengaja masuk kerja cepet karena crawling in my bed, nggak bantu apa-apa selain cuma nangis & stress. Toh job desc gue saat itu, merupakan job desc terakhir yg nyokap gue tau (alhamdulillah, beberapa bulan sebeumnya gue sempat got the chance to explain to her, ini lho Ma yg lagi Pinka kerjain...), and she was proud me, dan cuma itu aja yg berusaha gue inget buat kembali semangat kerja.

Kembali ke quote yg gue mention di awal tulisan ini, apakah itu bener? Ya, sepenuhnya bener, at least buat gue yg emang selalu cerita semua-muanya ke nyokap gue. Mama sudah menjadi pusat kehidupan gue since I was born tentu saja. *OMG gue mulai nangis*

Apa bener ini first sorrow wept without her?

IYA.

Gue dan Mama sangat deket, I told her every, I repeat every pieces of my deepest secret. She knew everything. Gue tumbuh menjadi anak yg kompetitif sejak kecil, tentu aja kesedihan-kesedihan yg menjadi proses dalam hidup selalu gue ceritain & ngadu ke Mama.

Dari kecil apa yg bikin gue sedih? Nilai gue yg suatu ketika jelek, gue ngga kepilih buat suatu kompetisi di sekolah, gue kepilih mewakili sekolah cuma nggak juara 1, gue masuk Tarnus itu sedih banget karena gue gak suka & gak betah cuma Bokap gue insist, tebak siapa yg sedih sama gue? Mama. Dia juga sedih karena gak tega gue harus sekolah di sana, gue masih inget perjalanan-perjalanan mobil Jogja-Magelang, dan cerita supir kalau nyokap nangis abis ngedrop gue di asrama. Kata supirnya, Mama nangis sepanjang jalan Magelang balik ke Jogja, terus si supir nasehatin nyokap (dia cerita ke gue pas gue mau cuti/ pesiar), intinya Ibu harus kuat kan anaknya dididik dgn baik di Tarnus, kalo Ibu sedih, anaknya juga tambah sedih. Sampe gue inget banget, gue anaknya kalo PMS parah bgt cramp nya (sampe sekarang), dan pas SMP, nyokap selalu ngolesin minyak kayu putih sebelum tidur. Kita sedih, nanti kalau SMA udah di asrama, gimana ya kesakitan sendirian.

Nggak cuma masalah nilai, kompetisi, hidup di asrama, sampai PMS. Mama juga ada di sana, berbagi kesedihan gue during my first heartbreak. Saat itu gue baru tau kalo heartbreak bisa nurunin berat badan lo, buat lo sesedih itu, pokoknya baru tau, and she was there, telling me everything's gonna be okay, and I'll find someone new. A better one. 

Butuh 4 bulan buat gue, akhirnya bisa nulis lagi, kebetulan bertepatan di hari ulang tahun Mama yg seharusnya ke - 48. I will never be able to buy her handbag to celebrate today or next year, and the year after. Tapi gue masih bisa ngirim doa, katanya yg dibawa saat seseorang udah ngga ada itu cuma 3; sedekah jariyah, ilmu yg dimanfaatkan, & doa anak yg sholeh.


Untuk poin bertama insyaAllah gue gak perlu khawatir, karena jiwa dermawan & nggak tegaan Mama, baik ke sesama manusia, maupun makhluk hidup lainnya insyaAllah gak perlu gue ragukan. Dari beliau pula lah, jiwa nggak tegaan gue kepupuk, and I'm really grateful of that. Untuk ke makhluk hidup lain, nyokap adalah penyuka kucing. But she never accept my aunt's proposal to own expensive cat at our house. Nyokap selalu bilang tolong dulu kucing kampung yg kesusahan.

Bicara tentang nyokap & kucing, kita punya belasan kucing di rumah yg sama nyokap dikasi makan enak seperti kucing ras! Beberapa kisah kucing gue sama, anak kucing yg muncul di garasi dalam keadaan malnutrisi, kutuan, dsb, kondisi spt itu sama nyokap akan dibawa ke vet buat dibersihin, divaksin, dikasi obat cacing, kemudian sampe rumah kalau nggak mau makan akan disuapin sama nyokap pake pipet, sampe dia mau makan sendiri, kemudian dia akan tumbuh jadi kucing kampung cakep yg sehat & gendut. Begitulah kisah belasan kucing gue. Untuk kisah lebih dramatisnya ada tiga, pertama si Marko, dia datang dengan setengah badan kayak abis kesiram air/ minyak panas, but he survived & tumbuh jadi kucing yg tampan; kedua si Gushgush dia datang dengan kaki patah, tapi kemudian dibawa ke vet, sembuh dan sekarang jadi emak-emak beranak banyak; ketiga Shira, kesayangan nyokap, dateng sebagai bayi kecil yg belum bisa buka mata, tapi nyokap dengan telaten nyuapin Royal Canin Recovery yg diencerin, dimasukkin ke pipet. Indeed, my mother has a heart of gold :')

Poin kedua, ilmu. Nggak ada yg bisa melawan rasa terima kasih gue, kepada nyokap karena atas jasa beliau dalam ngajarin gue belajar, gue bisa menjadi gue yang saat ini, begitu juga untuk adek gue (walau adek gue lebih pinter, hahahaha). Dari gue kecil, nyokap suka banget bacain buku cerita sebelum tidur, katanya itu yang membuat gue jadi talkative banget kalau kata guru TK gue sih kritis! Apa aja ditanya. Ya intinya nyokaplah yang ngajarin gue belajar dari kecil berbagai ilmu, hingga ilmu agama. Begitu juga dgn adek gue. Masih jelas di ingatan gue gimana gue dibantu bikin PR di meja makan, dites perkalian, dst. You've done such a great job mom (gue harus consider jadi IRT nih kayak nyokap, biar bisa telaten ngajarin anak, someday), and I'm forever grateful for that. It's okay for you to go earlier, you're too tired, and you need to rest :')

Poin ketiga, alhamdulillah gue sangat bersyukur bahwa doa anak soleh tidak akan pernah putus. Terima kasih ya Allah, masih ada kesempatan untuk doain Mama.


Rest in peace ya, Ma :')

4 comments :

  1. Kak pinkaa stay strong ya kakk ♥♥♥

    ReplyDelete
  2. pinkaa, I always like to read your blog
    stay strong pinkaaaaa, insha Allah tante lanny khusnul khotimah & diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT :)

    ReplyDelete
  3. Halo, kak pny akun sosmed gk? Pengen follow kakak

    ReplyDelete